July 18, 2024

Bencana alam seperti banjir dapat dihindari dengan sistem drainase yang efektif. Savasa telah melakukan metode yang tepat agar hunian bebas banjir, selaras dengan alam dan lebih sehat.

 

Tinggal di Savasa, Kota Deltamas bukan hanya nyaman dan praktis dengan kecanggihan teknologi Panasonic Homes yang diterapkannya. Lebih jauh, perumahan ini menerapkan konsep smart city yang mengintegrasikan teknologi dengan gaya hidup ramah lingkungan.

Salah satu pengaplikasian konsep ini adalah sistem drainase dan penghijauan di Savasa untuk mengatasi ancaman banjir. Selain menjamin keamanan hunian dari genangan air berlebih, metode drainase Savasa juga meningkatkan kualitas hidup penghuninya.

Mari mengintip jenis drainase di perumahan canggih ini dan konsep kota cerdas yang diusung Savasa.

Jenis-jenis Drainase Perumahan

Sebelum melihat solusi yang ditawarkan Savasa untuk mengatasi banjir, terlebih dahulu mari mengenal jenis-jenis drainase di perumahan.

Beberapa jenis drainase sudah umum digunakan di perumahan Indonesia. Sementara beberapa lainnya merupakan sistem yang masih baru, walaupun sudah jamak digunakan di negara-negara maju.

Drainase permukaan

Drainase permukaan adalah yang paling umum digunakan di perumahan. Sistem ini mengandalkan parit dan selokan untuk mengalirkan kelebihan air ke saluran air yang lebih besar di luar perumahan.

Sistem drainase permukaan juga lazim dipakai di pemukiman tradisional karena praktis dibangun dan mudah dipelihara. Kelemahannya adalah jika hujan cukup deras dan lahan resapan kurang, saluran air tidak akan sanggup menampung aliran air sehingga lingkungan akan tetap banjir.

Drainase bawah tanah

Metode ini cara kerjanya mirip dengan drainase permukaan. Hanya saja tidak menggunakan parit melainkan pipa atau kanal di bawah tanah.

Drainase ini memerlukan pemeliharaan berkala, terutama dari tumpukan sampah. Umumnya drainase bawah tanah dipelihara oleh perangkat daerah atau pengelola perumahan.

Sistem slope

Sistem ini memanfaatkan lereng dengan kemiringan alami tanah untuk mengalirkan air ke luar daerah properti. Lazim digunakan pada perumahan di tanah berbukit atau berkontur naik-turun.

Sistem slope memanfaatkan pipa atau saluran air, dan pemasangannya harus memperhatikan tingkat ketinggian tanah. Properti haruslah berada di tanah yang lebih tinggi agar air dapat mengalir ke bawah menuruti gravitasi.

French drain

Saluran air Prancis juga merupakan sistem drainase bawah tanah. Sistem ini menggunakan pipa berlubang yang dikelilingi kerikil untuk mengarahkan air menjauh dari perumahan.

French drain bermanfaat untuk mengalirkan air dari area yang lebih rendah. Pipa berlubang dipasang miring melandai agar air dapat mengalir bebas ke saluran yang lebih bebas. Sedangkan kerikil mencegah agar tanah tidak menyumbat pori-pori pipa.

Solusi Atasi Banjir ala Konsep Kota Cerdas di Savasa

Setelah mengenal beberapa jenis drainase perumahan, kini mari melihat solusi yang dilakukan Savasa untuk mengatasi banjir. Seperti yang diketahui, perumahan Savasa mengusung konsep smart township atau kota cerdas.

Salah satu bagian dari konsep kota cerdas di Savasa adalah drainase dan tata ruang yang ramah lingkungan serta bebas banjir. Savasa menggunakan tiga cara untuk menata ruang publik dan hunian di dalamnya. Mari simak penjelasannya.

Koridor Hijau

Dari gerbang depan, koridor utama Savasa dipayungi oleh pohon-pohon berdaun lebat sehingga membentuk kanopi hijau alami. Tujuannya adalah meredakan hawa panas dari luar perumahan serta mengisi udara dengan oksigen.

Koridor utama ini membujur sepanjang perumahan dengan area hijau pasif di kedua ujungnya. Koridor utama dibantu oleh jalur pejalan kaki dan area hijau yang membentang di seluruh area perumahan.

Jalur pejalan kaki juga dilengkapi dengan jalur sepeda dan dinaungi pepohonan. Selain berfungsi sebagai daerah resapan dan paru-paru kota, jalur ini juga dapat dimanfaatkan penghuni untuk saling berinteraksi.

Daerah resapan ini dapat menampung kelebihan air di permukaan tanah sehingga membantu mencegah terjadinya genangan. Di beberapa titik juga disediakan daerah hijau aktif untuk menempatkan infrastruktur daur ulang dan pengelolaan air hujan serta panel surya.

Sistem Bioswale

Savasa menggunakan sistem bioswale pada beberapa titik di wilayah perumahan, tepatnya di area hijau aktif. Bioswale merupakan sistem manajemen banjir yang efektif dan dapat dimanfaatkan sebagai daerah vegetatif alami.

Bioswale di Savasa dibuat dengan membentuk cekungan di daerah hijau aktif, sehingga jalanan lebih tinggi dibanding area hijau. Bioswale ini menggantikan peran parit dan selokan untuk mengalirkan limpahan air hujan.

Selain lebih efektif, bioswale juga menjadikan lingkungan lebih bersih karena dapat menghilangkan lumpur dan endapan yang terangkut oleh air hujan. Bahan-bahan dasar bioswale akan menjadi media konservasi air, sementara pipa saluran bawah tanah membawa limpahan air hujan keluar komplek.

Tangki Air Bawah Tanah

Selain bioswale, Savasa juga memiliki sistem tangki air bawah tanah untuk menampung kelebihan air hujan. Sistem retensi air hujan ini cukup efektif mencegah banjir. Karena ditutupi oleh lanskap bebatuan serta tanaman, maka tidak akan mengganggu penampilan area hijau.

Selain sistem drainase dan pengolahan air hujan, Savasa juga menerapkan sistem pengolahan air limbah yang tepat. Tujuannya tentu agar lingkungan perumahan Savasa tetap asri dan nyaman ditempati, tanpa khawatir akan efek negatif limbah cair.

Pengelolaan limbah cair ini juga memastikan tidak akan ada pencemaran terhadap sumber air di sekitar perumahan Savasa. Hal ini selaras dengan konsep smart community dan smart living yang ramah lingkungan.

Savasa, Lebih dari Sekadar Tempat Tinggal

Membeli hunian di Savasa lebih dari sekadar memiliki tempat tinggal. Konsep kota cerdas di Savasa menyeimbangkan kebutuhan para penghuninya dengan tanggung jawab kepada alam

Fitur-fitur dan pengelolaan lingkungannya dirancang sedemikian rupa, memadukan kearifan alam dengan kecanggihan teknologi. Savasa ingin setiap penghuninya bukan hanya merasakan keamanan dan kenyamanan pribadi, tetapi juga hidup harmonis dengan sekitarnya.

Pada akhirnya, kecanggihan teknologi di dalam hunian cerdas ini akan meningkatkan kualitas hidup para penghuninya.