June 20, 2021

Koran Mantap

Menyajikan Informasi terupdate teraktual, tips trik dan kesehatan

three Cara Embed Video Youtube Di Website WordPress

4 min read

Menambahkan video di sebuah artikel dapat membantu pembaca untuk memahami isi artikel. Apalagi jika artikel yang ditulis bentuknya adalah tutorial. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui cara menambahkan embed video YouTube di weblog atau web site.

Penggunaan video sebagai konten website pun digunakan oleh perusahaan besar maupun kecil. MenurutVidyard, eighty three persen perusahaan kecil, 92 perusahaan menengah, dan eighty five persen perusahaan besar menggunakan video sebagai konten di websitenya.Daftar isitutup1 Berikut adalah tiga alasan menambahkan embed video penting untuk blog Anda:1.1 1. Bagus untuk SEO1.2 2. Kemungkinan Dibagikan di Media Sosial Lebih Besar1.three 3. Meningkatkan Conversion2 Berikut adalah three cara embed video YouTube ke WordPress.2.1 1. Cara Embed Video YouTube dengan URL2.2 2. Cara Embed Video YouTube dengan Shortcode2.3 three. Cara Embed Video YouTube dengan Plugin2.3.1 YouTube by Embed Plus2.three.2 YouTube Showcase2.three.three WpDevArt YouTube Embed2.3.four Hide YouTube Related Video2.three.5 YouTube Widget Responsive2.three.6 YourChannel3 Kesimpulan

Berikut adalah tiga alasan menambahkan embed video penting untuk weblog Anda:
1. Bagus untuk search engine optimization
Menurut Comscore, laman yang memiliki konten video di dalamnya berpeluang fifty three kali lebih besar untuk muncul di halaman pertama hasil pencarian Google. Konten video bisa membuat pembaca blog lebih lama menghabiskan waktu di laman Anda sehingga memberikan poin bagus di penilaian Google.

2. Kemungkinan Dibagikan di Media Sosial Lebih Besar
Dibandingkan konten-konten lainnya, konten video 10 kali lebih besar untuk dibagikan di media sosial (Sumber: Content Marketing Institute).

3. Meningkatkan Conversion
Berdasarkan laporanVidyard, 70 persen responden menyatakan bahwa konten video advertising efektif meningkatkan conversion.

Berikut adalah 3 cara embed video YouTube ke WordPress.
Kami hadirkan three cara menambahkan video di weblog yang bisa Anda pilih sesuai dengan keinginan. Ketiga caranya mudah, bisa Anda lakukan dengan cepat.

1. Cara Embed Video YouTube dengan URL
Cara pertama ini sangat mudah karena hanya perlu menyalin URL video langsung ke postingan dan akan secara otomatis muncul embed video di postingan Anda. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Copy link video YouTube yang akan ditambahkan ke dalam artikel

2. Buka dashboard WordPress dan klik “Add New Post”

3. Paste link tersebut ke publish yang Anda inginkan dan akan muncul hasil seperti di bawah ini

Tidak hanya YouTube, WordPress juga menyediakan cara otomatis ini untuk video-video dari platform lain. Beberapa di antaranya adalah Twitter, Facebook, Vimeo, Dailymotion, dan TED.

Kekurangan dari cara ini adalah Anda tidak bisa mengatur ukuran embed video youtube yang ditambahkan. Ukuran embed video akan disesuaikan dengan default dari WordPress.

2. Cara Embed Video YouTube dengan Shortcode
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ukuran embed video yang ditampilkan akan mengikuti ukuran default dari WordPress jika menggunakan cara otomatis.

WordPress juga memungkinkan Anda untuk mengatur ukuran embed video YouTube dengan menggunakan shortcode. Untuk bisa mengatur ukuran embed video yang ditampilkan, Anda dapat menggunakan shortcode di bawah ini:

Anda bisa mengubah ukuran tinggi (peak) dan lebar (width) sesuai yang diinginkan.

three. Cara Embed Video YouTube dengan Plugin
Meskipun harus mengotak-atik sedikit kode untuk mengubah ukuran embed video YouTube, cara kedua sebenarnya tidak terlalu sulit untuk diterapkan. Namun, memang Anda harus kembali menulis kode di atas setiap kali akan menambahkan embed video di artikel blog atau web site Anda.

Untuk mengatasi masalah di atas, terdapat banyak plugin yang bisa membantu Anda menambahkan embed video YouTube dengan praktis. Beberapa plugin embed video YouTube yang bisa Anda gunakan adalah sebagai berikut:

YouTube by Embed Plus
Plugin ini sudah diunduh sebanyak lebih dari 200.000 kali di WordPress dan termasuk salah satu plugin YouTube paling populer.

Fitur-fitur:

-Otomatis meletakkan embed video di heart

-Otomatis memulai embed video

-Menyembunyikan related video di akhir

-Menyembunyikan judul video atau informasi lainnya

-Membuat embed video responsif sehingga video bisa dilihat dengan nyaman baik di perangkat desktop ataupun mobile

YouTube Showcase
Jika Anda mengelola blog atau web site yang banyak menggunakan video dari YouTube, Anda bisa menggunakan plugin ini untuk membantu membuat tampilan menarik untuk kumpulan video YouTube di weblog atau website Anda.

YouTube Showcase membantu Anda menampilkan video-video YouTube dalam bentuk galeri atau grid.

WpDevArt YouTube Embed
Plugin video YouTube ini memiliki pengguna aktif sebanyak lebih dari 10.000 pengguna. Beberapa fitur yang ditawarkan adalah sebagai berikut:

-Kompatibel untuk semua versi WordPress

-Bisa menambahkan embed video YouTube di submit dan widget

-Bisa mengatur ukuran embed video (panjang dan lebar), pilihan autoplay, pilihan loop, pilihan fullscreen, dan pilihan informasi.

-User pleasant back finish

Hide YouTube Related Video
Salah satu kelemahan dari fitur otomatis cara embed video youtube dari WordPress adalah selalu menunjukkan related movies di akhir embed video. Sepertinya associated video di akhir embed video adalah masalah banyak orang. Buktinya plugin ini memiliki pengguna aktif sebanyak lebih dari 20.000 pengguna.

Anda bisa mengatasi masalah tersebut dengan plugin ini. Hide YouTube Related Video memungkinkan Anda untuk menghapus associated video di akhir embed video di WordPress.

YouTube Widget Responsive
Plugin YouTube Widget Responsive menyediakan fitur untuk menambahkan embed video di sidebar situs Anda. Sebanyak lebih dari 30.000 pengguna telah memanfaatkan plugin ini. Beberapa fitur lain yang disediakan adalah sebagai berikut:

-Memilih menit dan detik dimulai dan berakhirnya embed video

-Otomatis mengaktifkan atau mematikan subtitle

-Memilih tema untuk management bar

-Memilih warna untuk progress bar

-Pilihan untuk menonaktifkan management bar

-Loop mode

-Pilihan untuk menonaktifkan mode full display screen

-Option mute di awal embed video

-Pilihan untuk menonaktifkan associated movies di akhir embed video

-Pilihan untuk menulis deskripsi di bawah video

-Menampilkan tombol subscribe YouTube

YourChannel
Fitur yang disediakan YourChannel hampir sama dengan YouTube ShowCase. Plugin ini memungkinkan pengguna untuk mengkurasi video-video YouTube-nya di laman web site. Beberapa fitur yang disediakan adalah sebagai berikut:

-Smooth transition

-Quick translation

-Pilihan autoplay

-Visual builder yang mudah digunakan dengan live preview

[ecko_button shade=”blue” dimension=”massive” url=”/weblog/suggestions-advertising-on-line-budget-terbatas/”]Baca Juga: 6+ Tips Marketing Online dengan Budget Terbatas [/ecko_button]

Kesimpulan
Konten video di website penting untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis Anda. Oleh karena itu, Anda harus bisa menampilkan konten tersebut dengan sempurna agar pengunjung website bisa melihatnya dengan nyaman.

Demikian artikel mengenai cara embed video youtube di WordPress. Klik subscribe pada blog Niagahoster untuk mendapatkan suggestions dan trik terbaru mengenai weblog, web site, web hosting, dan bisnis online. Selamat mencoba tips-ideas kami!

Sumber : /weblog/cara-embed-video-youtube/

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.