July 18, 2024

Mempunyai gaya hidup sehat perlu dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Menjaga pola makan, berolahraga dengan rutin, tidur dengan cukup, dan mengelola stress akan saling berkaitan dan bisa membantu untuk mempunyai pola pikir dan kesehatan tubuh yang terjaga. Apabila stress misalnya akan membuat Anda tidak memperhatikan makanan yang dikonsumsi sehingga asal makan. Saat stres juga akan mengalami gangguan tidur, tidak ingin berolahraga, banyak melamun, dan juga berbagai hal lainnya yang sebaiknya ditangani dengan segera.

Dampak stress yang tidak dikelola dengan baik tersebut akan bisa untuk dirasakan. Mulai dari imunitas yang menurun sehingga tentunya lebih sulit untuk melawan virus yang membuat tubuh lebih mudah terkena penyakit. Selain itu saat mengalami stress yang tidak tertangani juga bisa untuk membuat mengalami hal berikut ini:

  • Bisa menyebabkan gangguan pencernaan seperti GERD, gastritis, iritasi usus besar, dan lainnya.
  • Dapat mengalami masalah kulit dan rambut sehingga membuat masalah psoriasis, jerawat, rambut rontok, dan lainnya.
  • Dapat mengalami disfungsi seksual.
  • Dapat membuat mengalami gangguan menstruasi.
  • Dapat membuat obesitas karena mengalami gangguan makan.
  • Dapat menyebabkan resiko penyakit cardiovascular lebih tinggi seperti penyakit stroke, jantung, darah tinggi, dan serangan jantung.
  • Dapat mengalami gangguan mental seperti depresi, gangguan kepribadian, dan lainnya.
  • Mengalami gangguan tidur yang menyebabkan juga sakit kepala.

Saat mengalami stress, hal tersebut tidak hanya tidak sehat bagi mental Anda tetapi juga tubuh. Seperti telah dijelaskan di atas bahwa dampak stress juga dapat mengurangi imunitas tubuh yang dipunyai. Oleh karena itulah saat sedang stress, bimbang, dan juga cemas akan membuat lebih mudah sakit. Akan lebih baik untuk menjaga mood tetap baik agar bisa membuat imun juga ikut naik dan membuat tubuh lebih susah untuk terkena penyakit. Tentunya hal tersebut juga bisa diikuti dengan melakukan pola hidup sehat lainnya.

Saat mengalami stress tentunya yang paling utama adalah dengan mengatasi stress dari akarnya. Anda bisa mengetahui penyebab stress yang dipunyai seperti karena masalah keluarga, masalah pendidikan, masalah keuangan dan lainnya. Apabila penyebabnya terselesaikan, maka tentunya stress tersebut akan dapat diatasi dengan baik. Akan tetapi mengatasi stress tersebut juga tidak semudah membalikkan telapak tangan. Bagi yang masih belum bisa untuk mengatasi stress dari akarnya tersebut bisa dengan mencoba langkah berikut ini:

  1. Langkah pertama untuk mengatasi stress adalah dengan curhat atau berbagi cerita dengan orang lain. Ada banyak sekali manfaat dari sharing tersebut, sehingga bisa membuat stress berkurang dan merasa lebih baik.
  2. Pastikan juga untuk tetap berolahraga secara rutin yang efektif untuk meredakan stress hingga dapat membuat suasana hati lebih baik.
  3. Lakukan meditasi yang bisa membuat pikiran lebih tenang dengan mengurangi hormon stress.
  4. Lakukan kegiatan yang disukai seperti berkebun, bermain dengan hewan peliharaan, memasak, menggambar, dan lainnya.
  5. Ingat untuk hidup dengan lebih tenang berfokus pada saat ini. Hindari untuk terikat dengan masa lalu yang mengganggu dan jangan terlalu stress dengan masa depan.

Pastikan juga untuk melakukan hidup sehat yang akan sangat membantu untuk mengurangi stress. Dengan melakukan gaya hidup yang sehat akan bisa membantu baik dari segi mental maupun kesehatan tubuh. Seperti dengan mengonsumsi dan memilih makanan yang bernutrisi dan baik untuk kesehatan. Apabila masih tidak teratasi, maka segera konsultasikan dengan psikiater atau psikolog sehingga akan mendapatkan solusi yang lebih tepat dari profesional.