June 20, 2021

Koran Mantap

Menyajikan Informasi terupdate teraktual, tips trik dan kesehatan

Cara Membuat Facebook Page Dan Like Box Di Blog

3 min read

Facebook Page/Fan Page – Like Box semakin lazim digunakan di weblog/web site mengingat besarnya manfaat untuk perkembangan blog/website maupun product yang ditawarkan. Jaringan sosial beserta pluginnya, khususnya Facebook, terbukti telah memperluas dan meningkatkan popularitas, daya jangkau, visitors, serta penjualan produk jenis apapun. Oleh karena itu, membuat Facebook Fan Page dan memasang Like Box di blog/web site merupakan hal yang sangat dianjurkan untuk weblog/web site anda.1. Ada beberapa langkah berbeda untuk membuat Facebook Page. Untuk langkah yang lebih mudah, sebaiknya anda telah login terlebih dahulu di account Facebook anda.

3. Pilih/klik opsi Brand or Product.
4. Pilih opsi “web site” dan isikan nama Page sesuai dengan yang diinginkan. centang “settlement” dan klik “Get Started”, seperti contoh gambar berikut:
5. Selanjutnya anda akan masuk ke halaman Facebook Page yang telah dibuat. Lakukan kostumisasi terlebih dahulu sesuai petunjuk, misalnya mengupload foto/gambar untuk Facebook Page, mengedit informasi, dan lain sebagainya, atau langsung membuat Facebook Like Box yang nantinya dapat dipasang di blog/web site.

Cara Membuat dan Memasang Facebook Like Box di weblog/website
1. Jika anda masih berada di halaman Fcebook Fan Page tadi, pilih menu nomer 5, klik “add like box”:
Atau bisa juga buka halaman berikut: /docs/reference/plugins/like-field/
Penting: Sebelumnya copy terlebih dahulu url Facebook Fan Page yang telah dibuat. Fungsinya sebagai spesifikasi url untuk like box yang nantinya hendak dibuat.
Contoh url-nya: /pages/Bukan-Rahasia-Lagi/ . Selanjutnya, isikan spesifikasi seperti gambar berikut:

Setting Facebook Like Box:

– Facebook Page url: url Facebook Page anda

– Width: lebar tampilan facebook like, sesuaikan dengan lebar sidebar widget.

– Color scheme: pilih mild jika ingin tampilan terang, dan dark untuk tampilan gelap.

– Show Faces: Centang untuk menampilkan foto profil likers.

– Border colour: Isikan dengan kode warna jika ingin memberi border atau kosongkan agar transparan.

– Show stream: Centang jika ingin menampilkan informasi/posting terakhir di like field.

– Show header: Centang jika ingin menampilkan tulisan header “Find Us on Facebook”.

Lihat preview tampilan di sebelah kanan form tersebut.

3. Jika settingan yang dibuat sudah beres, klik get code. Kemudian akan muncul pop-up window yang menampilkan three jenis kode, HTML5, iFrame dan XFBML, pilih salah satu dan copy kodenya. (Untuk Blogger, saya sarankan pilih HTML 5).

4. Buka Dashboard > Design/Rancangan > Klik add a gadget/tambah gadget.

5. Pilih opsi HTML/Javascript.
6. Masukkan kode yang telah dicopy ke dalam kotak kode.
7. Save.
8. Like field telah siap digunakan, dan setiap pengunjung blog/website yang menyukai weblog/website anda dapat dengan mudah meng-klik like pada like box yag telah disediakan. Updatebagi yg masih bingung dengan pemasangan kode dan like box tidak muncul:
Copy paste saja semua kode ke dalam HTML/Javascript. Misalnya ketika memilih HTML 5, kemudian ada dua kolom yang masing-masing berisi dua kode, jangan pisahkan pemasangan kode, pasang saja keduanya ke gadget HTML/Javascript secara berurutan, yaitu taruh kode kedua di bawah kode pertama. Kemudian save.

replace 25 Januari 2013: Facebook baru-baru ini melakukan redesign pada structure Like Box, menyusul kebijakan baru untuk tidak memberikan energetic hyperlink pada profil yang tidak berhubungan (tidak berteman) dengan profil Facebook yang melihatnya. Hal ini juga berimbas pada tidak berfungsinya format Frame dengan baik. Oleh karena itu, jangan pilih opsi Iframe, melainkan HTML5 dll. mencuri adalah pekerjaan pengecut! © buka-rahasia.blogspot.com

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.