June 20, 2021

Koran Mantap

Menyajikan Informasi terupdate teraktual, tips trik dan kesehatan

4 Manfaat yang Kamu Dapat Jika Hidup Bersih Tanpa Sampah di Masa Pandemi

4 min read

Sampah masih menjadi satu dari sekian banyak tantangan yang harus dihadapi di Indonesia, terutama di kota besar. Apalagi di masa pandemi seperti saat ini, dimana aktivitas masyarakat lebih banyak dilakukan di rumah. Produksi sampah pun ikut meningkat. Hal ini harus segera ditangani agar masyarakat bisa merasakan manfaat hidup bersih tanpa sampah.

Apa Saja Manfaat Hidup Bersih Tanpa Sampah?

Kondisi pandemi yang membuat masyarakat mau tidak mau lebih banyak beraktivitas di rumah pun ikut mempengaruhi pola produksi sampah. Dari survey yang dihimpun, sampah organik adalah jenis sampah yang mengalami peningkatan paling besar.

Produksi sampah organik seperti sayuran sisa memasak hingga sisa makanan mengalami peningkatan hingga dua kali lipat. Peningkatan juga terjadi pada jenis sampah anorganik seperti plastik atau Styrofoam karena kebiasaan masyarakat membeli barang atau makanan secara online.

Jika peningkatan ini terus terjadi tanpa adanya solusi untuk mengatasi, bukan tidak mungkin akan ada masalah baru yang timbul akibat sampah ini. Padahal, jika lingkungan sekitar, katakana saja rumah Anda, bersih tanpa sampah Anda pun bisa mendapatkan banyak manfaat. Apa saja manfaatnya?

1. Menghindarkan dari Resiko Tertular Penyakit

Sampah mengandung banyak bakteri yang bisa menyebabkan penyakit. Apabila dibiarkan hal ini tentu akan sangat merugikan kesehatan Anda. Apalagi di tengah pandemi seperti saat ini, kesehatan tubuh adalah modal utama agar Anda tidak mudah terpapar virus yang sudah menyerang di seluruh dunia ini.

Ini adalah manfaat hidup bersih tanpa sampah paling utama yang pasti diinginkan setiap orang. Ketika tubuh Anda diserang oleh bakteri yang berasal dari sampah yang tidak dikelola dengan baik, maka Anda bisa jadi mudah sakit.

Saat sakit ini, kondisi daya tahan tubuh sedang lemah. Inilah keadaan yang dikhawatirkan di masa penularan Virus Covid-19 sedang sangat masiv saat ini. Tidak hanya menyebabkan penyakit biasa, bahkan hingga terjangkit virus Covid-19.

Hal ini juga bisa terjadi, apabila ada sampah medi seperti bekas masker atau cairan disinfektan yang tidak segera dibuang atau diproses. Virus yang menempel pada masker yang sudah dipakai saat keluar rumah ini bisa menular pada orang lain di rumah Anda.

2. Membuat Lebih Nyaman Meski di Rumah Saja

Masa pandemi ini membuat semua orang harus meminimalisir kontak dengan luar dan lebih memilih beraktivitas di rumah saja. Jika Anda bekerja atau sekolah dari rumah saja, kondisi rumah yang nyaman tentu akan sangat berpengaruh pada produktivitas Anda.

Inilah manfaat hidup bersih tanpa sampah lainnya yang bisa Anda dapatkan selama masa pandemi ini. Dengan Anda rajin mengelola sampah, membuang dan mengolahnya sesuai jenis sampahnya, maka rumah Anda akan tetap terjaga bersih.

Saat rumah dalam keadaan bersih, tentu membuat bekerja atau sekolah dari rumah menjadi lebih nyaman. Mood untuk bekerja atau sekolah pun bisa terjaga sehingga produktivitas kerja tetap baik meskipun bekerja dari rumah.

Bayangkan jika Anda bekerja tapi sekitar Anda banyak sampah. Fokus jadi terganggu, merasa tidak nyaman, mood bekerja pun jadi terganggu. Hingga akhirnya juga turut berdampak pada produktivitas kerja Anda.

3. Meningkatkan Kualitas Lingkungan Hidup

Tingginya jumlah produksi sampah, apalagi di kota-kota besar membuat kualitas lingkungan hidupnya pun menjadi sangat rendah. Lingkungan sekitar jadi tidak indah dipandang serta tidak bisa memberikan kenyamanan bagi masyarakat yang tinggal di sekitarnya.

Pengolahan sampah yang kurang optimal menyebabkan masih ditemukannya tumpukan sampah dimana-mana. Apalagi di masa pandemi ini, masyarakat dihimbau untuk mengurangi aktivitas yang berkaitan dengan banyak orang.

Hal tersebut kemudian membuat aktivitas yang dilakukan masyarakat pun pasti lebih banyak dihabiskan di lingkungan terbuka. Kalau kualitas lingkungan sekitarnya saja buruk akibat pengelolaan sampah yang juga buruk, maka Anda akan semakin terkurung dengan situasi yang tidak menguntungkan ini.

4. Menghindarkan dari Bencana Alam Seperti Banjir

Sudah bukan rahasia lagi jika salah satu penyebab banjir yang rutin terjadi di kota besar adalah karena sistem drainase yang tidak berfungsi optimal karena tertutup sampah. Jika masyarakat mau mengubah perilaku buang sampah sembarangan ini, maka bencana banjir pun bisa diminimalisir.

Mengelola sampah dengan baik di masa pandemi ini akan memberikan manfaat hidup bersih tanpa sampah yang begitu besar. Masalah banjir akan semakin merepotkan jika terjadi di masa pandemi ini.

Saat banjir, korban yang terkena dampak harus mengungsi. Di pengungsian, mereka akan berkumpul bersama pengungsi lain yang juga menjadi korban banjir. Padahal di masa pandemi ini, berkerumun adalah salah satu hal yang bisa mempercepat penularan virus Covid-19.

Dari satu masalah yang tidak ditangani dengan baik kemudian menyebabkan masalah lain yang juga bisa membahayakan banyak orang. Anda tentu tidak mau bukan hal seperti ini terjadi? Maka dari itu, mengelola sampah dimulai dari rumah sendiri adalah cara terbaik agar kita semua bisa hidup bersih tanpa sampah.

Pengolahan sampah dengan cara daur ulang pun bisa menjadi solusi lain. Kalau Anda tidak memiliki waktu untuk mengelola dan mengolah sampah Anda sendiri, Anda bisa menggunakan layanan personal waste management seperti yang ditawarkan oleh Waste4Change. 

Dengan layanan ini, Anda tidak perlu lagi repot mengolah dan mengelola sampah rumah Anda. Nantinya akan ada tim yang menjemput sampah Anda secara rutin untuk kemudian diolah kembali dan didaur ulang.

Begitu banyak manfaat hidup bersih tanpa sampah yang bisa Anda dapatkan dengan dimulai dari mengelola sampah Anda sendiri. Waste4Change tidak hanya menawarkan layanan pengelolaan sampah personal saja. Anda juga bisa memberikan donasi Anda untuk upaya pengelolaan sampah ini. Berikan donasi Anda dengan mengakses https://waste4change.com sekarang juga.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.